Cara menggunakan OLE DB Universal Data Link


Artikel ini menunjukkan cara menggunakan berkas OLE DB Universal Data Link (.udl) untuk menentukan rangkaian sambungan yang menggunakan objek ADO.NET OleDbConnection untuk membuat sambungan data.


Berkas OLE DB Universal Data Link (.udl) memberikan cara mudah untuk membuat dan memverifikasi rangkaian sambungan objek Data ActiveX (ADO) yang digunakan untuk menyambung ke sumber data OLE DB. Sambungan string informasi disimpan dalam format berkas dengan ekstensi .udl khusus. Anda dapat merujuk berkas .udl di properti ConnectionString objek ADO.NET OleDbConnection untuk menentukan koneksi string yang objek harus digunakan untuk menyambung ke pangkalan data. Menggunakan parameter Nama berkas dari rangkaian sambungan untuk menentukan nama berkas .udl yang berisi informasi string sambungan.

Penting untuk mencatat informasi berikut, yang diambil dari artikel "OleDbConnection.ConnectionString properti" dokumentasi perpustakaan kelas .NET Framework (Lihat bagian referensi ):

Untuk referensi Microsoft Data Link (UDL), menambahkan referensi ke UDL untuk ConnectionString dalam bentuk "nama File = myfile.udl". Jika lebih dari satu UDL ditetapkan dalam rangkaian sambungan, hanya kemunculan terakhir dimuat. Jika Anda menetapkan UDL, dan kemudian panggilan objek OleDbConnection untuk mengambil ConnectionString, ConnectionString berisi referensi ke berkas UDL, bukan konten berkas. Sambungan string yang berisi UDLs dipilah setiap kali OleDbConnection dibuka. Karena ini dapat mempengaruhi kinerja, ConnectionString yang tidak referensi UDL dianjurkan.

Langkah-langkah untuk membangun sampel

Ikuti langkah-langkah untuk membuat Visual C# .NET konsol aplikasi yang menggunakan berkas .udl untuk menentukan koneksi string informasi untuk objek ADO.NET OleDbConnection :
Menggunakan SQL Server OLE DB penyedia untuk menyambung ke salah satu dari pangkalan data Microsoft SQL Server dan membuat file .udl bernama Test.udl di dalam folder akar kandar C.

Anda juga dapat menggunakan Microsoft OLE DB penyedia Jet 4.0 untuk mengkonfigurasi berkas .udl untuk menyambung ke Microsoft Access 97 atau 2000 database jika Anda tidak memiliki akses ke pangkalan data SQL Server.Untuk informasi tambahan tentang cara membuat berkas .udl, klik nomor artikel di bawah ini untuk melihat artikel di Pangkalan Pengetahuan Microsoft:

189680 Cara menggunakan berkas Link Data dengan ADO
Buka baru Visual C# .NET aplikasi konsol.
Ganti kode standar dalam modul kelas 1 dengan kode berikut:

4. using System;

5. using System.Data;

6. using System.Data.OleDb;

7.

8. namespace DataLink

9. {

10. class Class1

11. {

12. static void Main(string[] args)

13. {

14. OleDbConnection myConnection = new OleDbConnection("File Name = d:\\test.udl");

15.

16. try

17. {

18. myConnection.Open();

19. if (myConnection.State == ConnectionState.Open)

20. Console.WriteLine("Connection opened successfully!");

21. else

22. Console.WriteLine("Connection could not be established");

23. }

24. catch(Exception ex)

25. {

26. Console.WriteLine(ex.Message.ToString());

27. }

28. finally

29. {

30. myConnection.Close();

31. }

32. Console.ReadLine();

33.

34. return;

35. }

36. }

37. }


Dalam pernyataan yang menetapkan properti ConnectionString OleDbConnection objek, mengubah jalur ke berkas .udl jika Anda dibuat dengan nama yang berbeda atau dimasukkan ke lokasi yang berbeda.
Jalankan aplikasi dari dalam Visual Studio.NET terpadu pengembangan lingkungan (IDE). Jendela konsol yang harus membuka dan menampilkan teks, "Sambungan berhasil dibuka!" untuk menunjukkan bahwa objek OleDbConnection dapat menggunakan sambungan string informasi dalam berkas .udl untuk membuat sambungan data.
Tekan ENTER untuk menyingkirkan jendela konsol dan menghentikan aplikasi.


EmoticonEmoticon